-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dzikir Pembebas Dari Siksaan Api Neraka

Saudara yang dirahmati Allah, dzikir adalah salah satu ibadah yang sangat ringan dan sederhana tapi pahala dan keutamaannya sangatlah luar biasa.

Maka dalam pembahasan ini, saya akan memberikan sebuah amalan yang mudah-mudahan amalan ini bermanfaat.

Pembebas dari Neraka

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, barang siapa yang membaca dzikir ini, maka insya Allah ia tidak akan tersentuh oleh Neraka Jahannam. Artinya dijaminkan selamat dari Neraka Jahannam.

Apalagi jika orang itu dalam keadaan sakit. Jika ia sedang sakit kemudian membaca dzikir ini lalu meninggal dunia, maka haram baginya untuk masuk neraka. Saking utamanya amalan ini. Oleh karena itu bagi orang yang sedang sakit, teruslah membaca dzikir ini.

عن الأغر أبي مسلم قال، أشهد على أبي سعيد وأبي هريرة، أنهما شهدا على النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال، من قال لا إله إلا الله والله أكبر، صدقه ربه فقال لا إله إلا أنا وأنا أكبر. وإذا قال لا إله إلا الله وحده، قال يقول الله لا إله إلا أنا وحدي. وإذا قال لا إله إلا الله وحده لا شريك له، قال الله لا إله إلا أنا وحدي لا شريك لي، وإذا قال لا إله إلا الله له الملك وله الحمد، قال الله لا إله إلا أنا لي الملك ولي الحمد. وإذا قال لا إله إلا الله ولا حول ولا قوة إلا بالله، قال لا إله إلا أنا ولا حول ولا قوة إلا بي، وكان يقول من قالها في مرضه ثم مات لم تطعمه النّار

Dari al-Agharr Abu Muslim, ia berkata, aku bersaksi atas Abu Sa'id dan Abu Hurairah bahwa mereka mereka bersaksi atas Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda, "Barang siapa yang mengucapkan, 'Laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar (tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar), maka Tuhannya akan membenarkannya dan berfirman, "Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku, dan Aku Maha Besar.' Apabila orang tersebut mengucapkan, Laa ilaaha illallaahu wahdah (tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata),' maka Allah berfirman, "Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku semata.' Dan apabila ia mengucapkan, 'Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalah (tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya)," maka Allah berfirman, "Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku semata, tidak ada sekutu bagi-Ku.' Dan apabila ia mengucapkan, Laa ilaaha illallaahu lahul mulku wa lahul hamdu (tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, milik-Nya seluruh kerajaan dan bagi-Nya segala pujian), maka Allah berfirman, Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku, milik-Ku seluruh kerajaan dan bagi-Ku segala pujian. Dan apabila ia mengucapkan, Laa ilaaha illallaahu walaa haula walaa quwwata illaa billaah (tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah), maka Allah berfirman, Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Ku." Dan beliau mengatakan, "Barang siapa yang mengucapkannya ketika sedang sakit, kemudian ia meninggal, maka neraka tidak akan memakannya." Abu Isa berkata hadits ini adalah hadits hasan gharib

Berdasarkan hadits di atas, maka dzikirnya adalah sebagai berikut:

لا إله إلا الله والله أكبر

Laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar.

لا إله إلا الله وحده

Laa ilaaha illallaahu wahdah.

لا إله إلا الله وحده لا شريك له

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah.

لا إله إلا الله له الملك وله الحمد

Laa ilaaha illallaahu lahul mulku walahul hamd.

لا إله إلا الله ولا حول ولا قوة إلا بالله

Laa ilaaha illallaahu walaa haula walaa quwwata illaa billaah.

Barang siapa yang membaca dzikir ini, kemudian meninggal dunia, maka ia tidak akan tersentuh oleh Neraka Jahannam.

Perbanyaklah membaca dzikir ini dan jangan pernah berhenti!

Hebatnya lagi, setiap kita membaca kalimat dari dzikir ini, Allah Ta'ala menjawab bacaan dzikir kita. Jika kita membaca, "Laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar," Allah

menjawab, "Benar kata hamba-Ku. Tidak ada tuhan selain Aku,

dan Aku Maha Besar."

Jika kita membaca, "Laa ilaaha illallaahu wahdah," Allah menjawab, "Benar kata hamba-Ku. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku semata."

Jika kita membaca, "Laa ilaaha illallaahu dahuu laa syariikalah," Allah menjawab, "Benar kata hamba-Ku. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku semata, tidak ada sekutu bagi-Ku."

Jika kita membaca, "Laa ilaaha illallaahu lahul mulku walahul hamd," Allah menjawab, "Benar kata hamba-Ku. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku, milik-Ku seluruh kerajaan dan bagi-Ku segala pujian."

Jika kita membaca, "Laa ilaaha illallaahu walaa haula walaa quwwata illaa billaah." Allah menjawab, "Benar kata hamba-Ku. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Aku, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Ku."

Allahu Akbar!!!

Allah menjawab bacaan dzikir kita!

Ayo kita baca lagi sama-sama!

لا إله إلا الله والله أكبر

Laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar

لا إله إلا الله وحده

Laa ilaaha illallaahu wahdah

لا إله إلا الله وحده لا شريك له

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah.

لا إله إلا الله له الملك وله الحمد

Laa ilaaha illallaahu lahul mulku walahul hamd.

لا إله إلا الله ولا حول ولا قوة إلا بالله

Laa ilaaha illallaahu walaa haula walaa quwwata illaa billaah.

Barang siapa yang sakit dan membaca dzikir ini, kemudian

meninggal dunia, maka ia meninggal dalam keadaan husnul khatimah dan tidak boleh masuk neraka. Pembaca yang dirahmati Allah, dzikir seperti ini sangatlah

sederhana, maka dzikir seperti ini haruslah kita jaga.

Itulah guna dari dzikir, sederhana, tidak memakan banyak waktu, tapi keutamaannya sangatlah luar biasa.

Tak hanya itu, orang yang lidahnya senantiasa dibasahi dengan dzikir kepada Allah, maka Allah akan mengabulkan segala hajatnya dan memberikan kepadanya balasan yang besar berupa surga.

"... Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar" (QS. Al-Ahzaab: 35)

Munawir M. Kaili
Munawir M. Kaili A Father | Who dedicated his life to his Religion, family and Nation.


close